Bagaimana Cara Meningkatkan RPM AdSense? 19 Tips Untuk Penerbit

Diterbitkan: 2023-05-26

Maksimalkan RPM AdSense Anda dengan 19 tips penting untuk penayang ini. Tingkatkan penempatan iklan, targetkan kata kunci dengan bayaran tinggi, optimalkan kecepatan halaman, dan lainnya. Tingkatkan potensi pendapatan Anda hari ini!

RPM AdSense adalah salah satu metrik kinerja utama yang sering dikejar penerbit. Di sini, kesulitan utama yang dihadapi penayang adalah sifat RPM yang berfluktuasi sebagai metrik. Suatu hari, mungkin menembak setinggi langit, dan hari lain, mungkin jatuh ke tanah.

Apa pun masalahnya, satu hal yang pasti, semakin banyak penerbit yang memonetisasi konten mereka dengan Google Adsense, dan persaingan akan semakin ketat. Faktanya, pada akhir tahun 2026, belanja iklan digital akan mencapai $876 miliar dolar AS secara global, dan Google akan memiliki 92,21% darinya.

RPM Adsense
Pengeluaran iklan digital di seluruh dunia dari 2021 hingga 2026

Dalam hal RPM AdSense, sulit untuk memprediksi tren apa pun. Itu sebabnya, sebagian besar penayang Google AdSense akhirnya bertanya, “Bagaimana cara meningkatkan RPM AdSense?”

Selain itu, banyak penerbit cenderung mengacaukan RPM dengan CPM, sehingga memperumit masalah.

Sebelum beralih ke tips tentang meningkatkan RPM AdSense, mari kita bahas tentang apa itu RPM dan apa bedanya dengan CPM.

Baca juga: Google AdSense: Panduan untuk Meningkatkan Pendapatan Anda yang Ada

Daftar isi:

Apa itu RPM Adsense?

RPM Adsense adalah metrik kunci eksklusif untuk Google Adsense. Ini dirancang untuk mengukur perkiraan penghasilan yang dapat dihasilkan penerbit untuk setiap 1.000 tayangan iklan. Indikator ini memungkinkan penerbit untuk memahami pendapatan rata-rata yang diperoleh per seribu penayangan, menawarkan alat yang berharga untuk mengevaluasi keefektifan strategi monetisasi Adsense mereka.

Bagaimana RPM Adsense Dihitung?

RPM AdSense ditentukan dengan membagi taksiran penghasilan Anda dengan jumlah tampilan halaman yang Anda terima, lalu mengalikan hasilnya dengan 1000. Rumus untuk menghitung RPM AdSense sangat mudah:

Inilah cara menghitung RPM Adsense:

RPM AdSense = (Perkiraan Penghasilan / Jumlah Tampilan Halaman) * 1000

Misalkan situs web Anda memiliki perkiraan penghasilan sebesar $1500 dan menerima 200.000 tampilan halaman.

Dalam hal ini, RPM AdSense adalah ($1.500 / 200.000) * 1.000. RPM dalam skenario ini adalah $7,50.

Apa itu RPM Halaman vs CPM?

cara meningkatkan RPM adsense: RPM Halaman vs CPM

Sebagaimana disebutkan di atas, RPM adalah taksiran pendapatan yang akan Anda peroleh berdasarkan jumlah penayangan di halaman situs web Anda. CPM (biaya per seribu tayangan), di sisi lain, adalah biaya yang dibayar pengiklan untuk 1000 tayangan.

Pada dasarnya, CPM adalah metrik yang berpusat pada pengiklan/pemasar yang sering disalahartikan oleh penayang web. RPM dimaksudkan untuk memberi penayang arah tentang berapa banyak yang dapat mereka peroleh dengan nilai yang diterima untuk tayangan iklan.

Contoh berikut akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara kedua metrik ini.

Katakanlah taksiran pendapatan Anda adalah $1.000 untuk 10.00.000 tampilan halaman. Oleh karena itu, seharusnya RPM Anda akan terlihat seperti ini:

cara meningkatkan RPM adsense: Rumus RPM

→ 1,000 / 10,00,000 * 1000 = $1 RPM

Sekarang, misalkan anggaran kampanye pengiklan adalah $500 dan Anda menerima 500.000 tayangan iklan. Karenanya, CPM mereka akan terlihat seperti:

rumus CPM

→ 500 / 5,00,000 * 1000 = $1 CPM

Sekarang kebingungan tentang RPM dan CPM telah terjawab, mari kita lihat mengapa RPM Adsense itu penting.

Mengapa RPM Adsense Penting?

Hal pertama yang pertama, RPM Adsense berfungsi sebagai indikator penting tentang seberapa efektif situs web memonetisasi lalu lintasnya. Untuk penerbit yang mengandalkan Google Adsense untuk menghasilkan pendapatan, penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman yang adil tentang berapa banyak uang yang akan mereka hasilkan. Dan RPM Adsense dapat sangat membantu untuk itu.

Ini memberi penayang data yang dapat ditindaklanjuti untuk menyempurnakan strategi monetisasi mereka. Dengan menganalisis data RPM, mereka dapat mengidentifikasi jenis konten yang menarik lalu lintas bertarget, dan iklan dengan bayaran lebih tinggi, serta menyesuaikan strategi konten mereka.

Sekarang, mari kita kembali ke inti permasalahan dan mempelajari cara meningkatkan RPM Google Adsense Anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan RPM AdSense?

Ada sejumlah cara untuk mulai bereksperimen ketika kita berbicara tentang meningkatkan RPM. Kami telah membahas sembilan belas cara yang akan memberi Anda gambaran tentang cara meningkatkan RPM.

Saat Anda menelusuri daftar, Anda akan melihat bahwa semua poin saling bergantung dan kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan semuanya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Baca juga – 10 Cara Mengoptimalkan AdSense untuk Pendapatan Lebih Banyak .

1. Tingkatkan lalu lintas bertarget

Menarik lalu lintas dengan niat tinggi dan tertarget dengan baik adalah kunci untuk memulai keseluruhan RPM AdSense. Jumlah lalu lintas relevan yang tinggi akan menghasilkan CPM dengan nilai terbaik, yang pada gilirannya akan menghasilkan RPM yang lebih tinggi.

Penargetan kontekstual menjadi penting dalam industri teknologi iklan dari hari ke hari, oleh karena itu, sebagai penerbit, Anda harus memperhatikannya.

2. Perkuat SEO Anda

SEO melayani pencarian sesuai maksud. Oleh karena itu, untuk meningkatkan lalu lintas yang relevan, SEO harus menjadi prioritas. Anda bisa mendapatkan pengguna berkualitas ke situs web Anda melalui pencarian dan kemahiran SEO membantu Anda mencapai hal itu.

Kerjakan semua aspek SEO situs web Anda seperti pengalaman pengguna, kecepatan situs, dan lainnya. Mengerjakan kecepatan situs web saja dapat memberikan hasil yang bermanfaat karena membantu mengurangi rasio pentalan. Akibatnya, situs web Anda akan muncul di halaman teratas mesin pencari, yang akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas, dan itu berarti lebih banyak visibilitas iklan.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa situs web yang memuat dalam satu detik telah meningkatkan tingkat konversinya sebesar 39%. Namun, penting untuk dicatat bahwa mengoptimalkan kecepatan memuat halaman hanyalah salah satu aspek dari strategi SEO yang komprehensif. Masih banyak yang harus dilakukan, jadi pastikan Anda tidak melewatkan strategi SEO situs web Anda.

3. Tingkatkan skor kualitas konten

Langkah selanjutnya setelah Anda memiliki pengunjung di situs web Anda adalah membuat mereka tetap tinggal. Pastikan konten atau kurasi konten Anda tidak mengusir pengunjung Anda. Jelajahi situs Anda sendiri sebagai pengguna dan tanyakan pada diri sendiri apakah konten Anda 100% sesuai dengan konteks pencarian.

4. Bertaruh pada kata kunci BPK nilai riil

Setelah organik, Anda harus berusaha keras. Temukan kata kunci BPK bergaji tinggi yang juga sinkron dengan konten yang Anda terbitkan di situs web Anda. Alat seperti Perencana Kata Kunci, Ahrefs, dan SEMrush membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat.

5. Gunakan penargetan bagian

Karena Anda memanfaatkan konten dan relevansi, menggunakan bagian penargetan fitur AdSense dapat membantu meningkatkan relevansi iklan Anda dengan menampilkan iklan yang lebih kontekstual dan berfokus pada konten kepada pengguna.

#6 Gunakan penargetan-geo

Bila Anda memiliki pegangan yang kuat atas iklan kontekstual, mempersempit penargetan sesuai geografi dapat memberikan hasil yang lebih baik. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa wilayah AS memberi Anda lalu lintas yang paling relevan, pertimbangkan untuk mempersempit penargetan Anda untuk lokasi ini guna meningkatkan tayangan yang lebih baik.

7. Gunakan pemblokiran kategori

Jika belum cukup dikatakan, relevansi iklan dan pendapatan berjalan seiring. Iklan yang ditampilkan dapat memberikan jumlah tayangan yang bagus. Namun, jika dengan biaya CPC/CPM yang sangat rendah, pertimbangkan untuk memanfaatkan bagian pemblokiran di akun AdSense Anda dan menangguhkan kategori tersebut.

8. Sempurnakan pengalaman pengguna Anda

Tujuan utama situs web Anda adalah menayangkan iklan. Tetapi area fokus utama pengunjung Anda adalah kontennya. Jadi jelas untuk menempatkan iklan sedemikian rupa sehingga tidak menghambat pengalaman membaca pengunjung. Sekali lagi, navigasikan melalui situs Anda sendiri, atau minta umpan balik dari kolega Anda. Selanjutnya, tanyakan apakah Anda melakukan keadilan 100% terhadap pengalaman pengguna. Juga, pengalaman pengguna bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan SEO Anda.

9. Eksperimen dengan iklan

Format iklan yang Anda pilih untuk ditampilkan, tempat Anda menempatkannya, kedekatannya dengan konten, tampilan iklan, dan jumlah iklan yang Anda tampilkan merupakan aspek penting untuk dipertimbangkan. Semua faktor ini membantu pengunjung memahami seberapa banyak mereka ingin terlibat dengan situs web Anda; waktu yang lebih baik di tempat menghasilkan CPM yang lebih baik.

10. Mulai penawaran tajuk

Penawaran tajuk adalah alternatif yang disempurnakan untuk teknik air terjun penayang tradisional di mana setiap permintaan iklan diteruskan dari satu jaringan iklan ke jaringan iklan lainnya untuk rasio pengisian; dan seterusnya. Penawaran tajuk, di sisi lain, mengintensifkan persaingan untuk inventaris iklan Anda dan mempertahankan CPM yang tinggi dengan memungkinkan Anda menjangkau banyak mitra permintaan secara bersamaan.

11. Daftar hitam yang berkinerja buruk

Mengumpulkan daftar dan membuang pengiklan yang tidak berkinerja (pengiklan dengan BPK sangat rendah) sebenarnya bisa menjadi tambahan untuk keseluruhan hasil iklan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memblokir pesaing agar tidak menampilkan iklan mereka di situs web Anda.

12. Coba AdSense YouTube

Hari-hari ini, video dan iklan video sedang bergulir. Oleh karena itu, jika Anda adalah penerbit video, jangan lupa bahwa Anda selalu dapat memanfaatkan platform YouTube untuk menggunakan iklan video secara efisien, bergantung pada lalu lintas dan jenis pemirsa Anda. Selain itu, iklan multimedia juga patut dipertimbangkan.

13. Perbaiki semua link yang rusak

Jika alat webmaster Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki tautan yang rusak, segera perbaiki. Tautan rusak berdampak bertahap pada SEO, yang pada akhirnya dapat memengaruhi lalu lintas Anda. Efeknya mungkin tidak diperhatikan, tetapi idealnya Anda harus menjaga tautan yang rusak sesegera mungkin. Banyak alat pemeriksa tautan rusak dapat membantu Anda mendeteksi tautan eksternal yang dapat Anda hapus.

14. Ulangi struktur perayapan situs Anda

Selain tautan rusak, alat webmaster juga memungkinkan Anda menganalisis dan menyusun ulang metode perayapan situs web Anda. Karena ini adalah alat gratis dari Google, banyak penerbit yang sudah menggunakannya.

15. Tempatkan iklan di antara konten

Iklan di antara konten lebih cenderung dilihat saat pengunjung membaca. Tetapi frekuensi iklan yang tinggi dapat membuat Anda berlebihan dan merusak pengalaman juga. Jadi, pastikan untuk menempatkan jumlah iklan yang ideal di situs web Anda.

16. Coba iklan gambar dan teks secara bersamaan

Menayangkan iklan bergambar dan teks satu per satu cukup umum. Namun, beberapa penayang dengan cermat merencanakan penempatan iklan gambar dan teks secara bersamaan. Ini dapat memberi iklan Anda keunggulan kreatif dan meningkatkan RPM.

17. Optimalkan konten Anda

Jika Anda melakukan pengujian A/B dengan format iklan, penempatan, atau faktor lainnya, pastikan Anda tidak terburu-buru. Segala jenis pengujian membutuhkan waktu untuk menunjukkan efeknya. Anda setidaknya perlu menunggu selama seminggu sebelum memeriksa apakah perubahan tersebut berkinerja lebih baik. Jika tidak, Anda selalu dapat membalikkan tindakan. Tetapi untuk hasil yang positif, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak pernah berhenti bereksperimen dengan berbagai faktor.

18. Terus mencari, melacak, dan menganalisis

Untuk semua upaya yang mungkin Anda lakukan baik itu terkait dengan SEO, konten, format iklan, penempatan iklan, atau metode pembelian iklan, jangan lupa bahwa Anda harus terus melacak semua yang Anda lakukan. Meninggalkan satu aktivitas pun akan memberi Anda pengetahuan yang tidak akurat dan menghambat pemahaman Anda tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak.

19. Perbaiki masalah teknis agar semuanya tetap berjalan

Terakhir, Anda harus memperbaiki semua kesalahan teknis. Anda mungkin mengerjakan SEO dan konten, dan semua hal lainnya secara konsisten. Meskipun pada akhirnya, tidak boleh ada ujung teknis yang longgar yang membatalkan semua upaya Anda. Aspek teknis yang paling umum mencakup perbaikan waktu muat halaman/iklan dan keramahan seluler.

Berapa Banyak RPM Adsense yang Dianggap Baik?

Dalam hal mengukur kualitas Adsense RPM (Revenue Per Mille), banyak faktor yang dipertimbangkan. Ini adalah pertanyaan yang sering menimbulkan beragam pendapat dan perspektif multifaset. Konsep RPM Adsense yang "baik" bergantung pada beberapa faktor utama, termasuk ceruk, lalu lintas situs web, penempatan iklan, dan strategi monetisasi keseluruhan. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi RPM:

Lalu Lintas Situs Web

Penting juga untuk mengevaluasi RPM Adsense dalam konteks lalu lintas situs web. Volume lalu lintas yang lebih tinggi disertai dengan konten yang menarik dan pengguna yang terlibat biasanya menghasilkan angka RPM yang lebih baik.

Di sisi lain, situs web dengan lalu lintas khusus dan bertarget ceruk sering mengalami tingkat RPM yang lebih menguntungkan daripada situs web dengan lalu lintas umum yang luas.

Yang mengatakan, mari kita lihat bagaimana penempatan iklan dapat mempengaruhi RPM Adsense Anda

Penempatan Iklan

Aspek penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah penempatan iklan. Mengintegrasikan iklan dengan terampil di lokasi strategis di seluruh situs web Anda dapat memengaruhi RPM Adsense Anda secara signifikan. Penempatan iklan yang menyatu secara alami dengan konten sambil mempertahankan pengalaman pengguna dapat meningkatkan rasio klik-tayang dan meningkatkan pendapatan secara keseluruhan.

Baca Juga – Di Mana Menempatkan Iklan Anda? Strategi Penempatan Iklan Terbaik

Peran Strategi Monetisasi

Selain itu, efektivitas strategi monetisasi Anda secara keseluruhan juga berperan penting dalam menentukan RPM Adsense yang memuaskan. Menggunakan aliran pendapatan yang beragam, seperti pemasaran afiliasi atau konten bersponsor, bersama dengan Adsense dapat berkontribusi pada pendapatan keseluruhan yang lebih tinggi.

Sekarang berbicara hanya tentang angka:

  • Pada harga rendah, RPM Google Adsense dapat berkisar antara $2 hingga $5.
  • Pada tingkat menengah, RPM Adsense dapat berkisar antara $5 hingga $10.
  • Terakhir, di ujung yang lebih tinggi, RPM Adsense bisa mencapai $50+.

Namun, itu sepenuhnya tergantung pada jenis ceruk. Menurut SEMrush, relung terbaik di AS untuk Adsense adalah asuransi, pendidikan online, pemasaran, dan periklanan, dan masih banyak lagi. Berikut daftar untuk referensi Anda.

RPM Adsense
Sumber Gambar – SEMrush

Mengapa RPM Halaman Berubah ?

Mengikuti semua praktik terbaik untuk meningkatkan RPM AdSense adalah hal terbaik. Namun apa saja faktor yang mempengaruhi RPM AdSense Anda, baik secara positif maupun negatif?

Ada dua metrik yang memengaruhi RPM laman.

RKT (Rasio Klik Tayang)

CTR adalah metrik pengiklan/pemasar yang digunakan untuk menghitung persentase klik dengan membagi jumlah total klik iklan dengan jumlah total tayangan iklan. Misalnya:

→ 50 (klik) / 800 (tayangan) * 100 = 6,25% CTR

BPK (Biaya Per Klik)

Ini menentukan jumlah pengiklan/pemasar yang bersedia membayar Anda untuk setiap klik.

Jadi, bagaimana Anda bisa menghadapi perubahan sifat RPM AdSense?

Semakin tinggi CTR dan CPC, semakin tinggi pula pendapatannya. Anda terutama harus mempertimbangkan untuk meningkatkan CTR iklan untuk meningkatkan RPM Anda. Untuk meningkatkan CTR juga, faktor termasuk penempatan iklan, relevansi, dan konten yang lebih baik adalah signifikan. Faktor-faktor ini adalah kunci untuk meningkatkan keterlihatan iklan, yang akan menghasilkan RKT/BPK yang tinggi.

Di Penutup

RPM menunjukkan kemungkinan pendapatan yang dapat Anda peroleh dengan mempertimbangkan nilai tayangan/tampilan halaman. Tidak ada angka tetap yang mengatakan "Ini adalah RPM yang hebat". Ini sangat bergantung pada jenis situs web Anda dan jumlah yang mendukung iklan Anda (metrik, penetapan biaya, strategi iklan, dll.).

Ini juga merupakan metrik yang membantu penayang mengidentifikasi dan membandingkan pendapatan mereka di seluruh saluran. Satu-satunya tangkapan adalah, eksperimen akan membutuhkan waktu dan Anda membutuhkan kesabaran. Baik Anda penayang AdSense atau menggunakan jaringan iklan alternatif, praktik yang disebutkan di atas dapat membantu Anda meningkatkan RPM.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa yang dimaksud dengan RPM halaman?

RPM halaman adalah metrik yang digunakan untuk mengukur total pendapatan yang dihasilkan situs web untuk setiap 1000 tampilan pada satu halaman.

2. Bagaimana cara menghitung RPM halaman?

Rumus untuk menghitung RPM halaman adalah:
PPS Laman = (Taksiran penghasilan/jumlah tampilan laman)*1000

3. Apa itu vCPM?

vCPM (biaya terlihat per mil) menghitung seberapa sering pengguna melihat iklan. Sementara CPM mengukur biaya untuk ribuan tayangan, vCPM mengukur biaya untuk ribuan tayangan terlihat.

4. Apakah perbedaan antara RPM laman dan RPM tayangan?

RPM Tayangan menghitung pendapatan aktual yang dihasilkan untuk setiap iklan yang ditayangkan kepada pengguna. Ini menghitung pendapatan per seribu tayangan.

RPM laman bergantung pada RPM tayangan, bersama dengan jumlah tayangan yang disajikan pada laman. Penayang harus lebih memperhatikan RPM halaman, karena ini lebih berguna untuk mengoptimalkan tata letak iklan.

5. Berapa RPM AdSense rata-rata?

RPM AdSense rata-rata akan berbeda untuk setiap penerbit dan bergantung pada ceruk, konten di situs web Anda, dan berbagai faktor lainnya.

6. Apa yang memengaruhi RPM halaman AdSense?

RKT dan BPK adalah dua metrik terpenting yang berdampak langsung pada RPM Anda. RKT dan BPK yang lebih tinggi akan menghasilkan RPM yang lebih tinggi, oleh karena itu penayang disarankan untuk memperhatikan metrik ini.